Posting Terbaru :

Ngoh (Jilid 5 - Lengkap)


Ngoh jilid 5 ini merupakan buatan baru setelah tidur panjang sampai dengan jilid 4. Saya melanjutkan lagi sekitar tahun 2008 sampai dengan 2009. Jadi bisa dikatakan, Ngoh adalah komik saya yang dikerjakan dalam kurun waktu hampir 20 tahun (sejak 1989), dan belum tamat.

Ada perbedaan mendasar dari Ngoh jilid 1 s/4 dengan jilid 5. Pada jilid 1 s/d 4 saya masih berani langsung menggunakan kuas untuk outline yang (kecuali arsir) sekaligus dengan blockingnya, sedangkan jilid 5 saya tidak bisa lagi mengatur tebal tipisnya outline dengan kuas. Yang jadi andalan saya adalah spidol, sedangkan blockingnya dengan kuas.

Ketika untuk pertama kalinya saya bertemu pak Hasmi tahun 1992 di kamar kosnya di kawasan Jl. Magelang, Jogja, beliau sempat meminta saya menunjukkan telapak tangan yang dirapatkan dan ditelungkupkan. Kata pak Hasmi, kalau tangan saya gemetar, berarti kemungkinan saya tidak akan bisa menggambar dengan baik. Tangan saya gemetar. Beliau memang benar. Saya kurang bisa menggambar garis lurus atau lengkung dengan smooth, meski menggunakan spidol sekalipun.

Di jilid 5 ini saya coba-coba memangkas satu atau dua halaman untuk menampilkan sesuatu yang terjadi pada masa saya mengerjakannya. Semacam tetenger lah. Misalnya ketika ada berita meninggalnya Ricky NS, kreator Rado dan Cobra, serta musibah meluapnya air Situ Gintung.

Selamat mengikuti.





Untuk mengetahui jalan cerita selengkapnya, lihat di sini.


---
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jink Comics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger