Posting Terbaru :

Superhero Indonesia yang (Mungkin) Terlupakan

Jika kita diminta menyebutkan nama salah satu saja superhero Indonesia, maka yang terucap pasti tidak jauh dari "Gundala", "Godam", dan "Labah-labah Merah". Mungkin ada juga yang menjawab "Kapten Mlaar" yang maksudnya adalah "Pangeran Mlaar".

Tidak mengherankan, karena nama-nama itulah yang memang paling populer di kalangan penggemar komik Indonesia. Pernah suatu ketika saya bersama beberapa rekan dari Neo Paradigm Studio mengadakan workshop komik di sebuah SMK di Surabaya. Dalam salah satu sesi saya menayangkan gambar Gundala dan menanyakan pada siswa siapa nama superhero tersebut, dan beberapa siswa menjawab spontan, "Gundala!". Saat saya tanya dari mana mereka kenal tokoh Gundala, kebanyakan menjawab (dan ini sudah pasti karena anak-anak tersebut tidak mengenyam era kejayaan komik Indonesia), "Bapak saya!".

Saat ini karakter-karakter superhero yang saya sebut di atas tadi makin dikenal luas karena dikelola secara profesional oleh investor yang membeli hak ciptanya dan pelan tapi pasti mulai melakukan sosialisasi secara gencar, baik melalui komik online maupun event-event pameran. Dan ini patut diacungi jempol.

Sayangnya tidak semua superhero Indonesia bernasib baik. Entah karena kurang menarik bagi investor (baik desain karakter maupun gaya penceritaan), pemilik/ ahli waris pemilik karakter tidak diketahui/ sudah meninggal dunia, atau pemilik karakter tak berminat menjual hak ciptanya karena mungkin ingin mengembangkan sendiri. Tak heran jika kemudian namanya tak pernah terdengar lagi di tengah hingar-bingar kebangkitan komik Indonesia. Yang tersisa hanyalah komik-komik lawas yang pernah terbit di masa lalu dan tersimpan rapi di rak kolektor.

Untungnya ada beberapa gelintir orang yang tergerak untuk memasyarakatkan karakter-karakter komik superhero Indonesia tempo dulu melalui blog mereka dan itu patut diapresiasi. Salah satunya adalah blog Planet Superhero. Saya juga menggunakan referensi dari blog tersebut untuk melengkapi artikel ini.

Di sini saya mencoba untuk masuk ke dalam beberapa gelintir tersebut untuk turut serta berpartisipasi memasyarakatkan tokoh superhero yang mungkin terlupakan, sekedar untuk mengingatkan kepada para penggemar komik Indonesia, bahwa tokoh-tokoh superhero yang mungkin terlupakan itu dahulu pernah menghibur kita dengan kisah-kisah petualangan yang heroik: membasmi kejahatan.

Berikut ini adalah nama-nama superhero yang saya maksudkan di atas yang masih melekat kuat dalam ingatan saya, dan akan terus saya update jika kelak muncul nama baru yang luput dari memori saya:


(Jink, Agustus 2017)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jink Comics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger