Posting Terbaru :

Komik Selamat Jalan Buat Nemo

Gagasan awal saya membuat komik “Akhir Pencarian Nemo” adalah untuk mereview karakter superhero yang pernah kondang di era 70-80an dan mencoba merekayasa bagaimana para superhero tersebut muncul kembali saat ini dalam keadaan sama seperti masa lalu. Artinya mereka tidak menjadi tua lalu pensiun dan akhirnya terlupakan.

Tujuan yang saya inginkan ada 2. Pertama, sebagai nostalgia bagi mereka-mereka (termasuk saya) yang merasakan masa kejayaan komik Indonesia, khususnya yang bergenre superhero. Kedua, mengenalkan kembali kepada generasi saat ini, bahwa Indonesia kaya akan karakter superhero. Tapi yang paling mendasar sebenarnya adalah mengobati kerinduan saya lagi pada komik-komik superhero di masa lalu.

Gagasan tersebut muncul saat saya dapat order dari Metha Studio untuk mengerjakan komik strip berjudul “Mencari Jejak Superhero” dengan tokoh utamanya Nemo. Nemo adalah karakter ciptaan Hasmi dan kerap muncul dalam serial komik Gundala yang juga ciptaan Hasmi. Dari situ saya mencoba mereka-reka cerita yang “paling masuk akal” untuk menghadirkan kembali para superhero dari masa lalu ke masa sekarang melalui tokoh Nemo tersebut.

Penggunaan tokoh Nemo bukan tanpa alasan. Saya adalah salah satu penggemar karya-karya Hasmi dan menurut saya, Nemo adalah karakter yang paling pas untuk menjalankan perannya dalam Akhir Pencarian Nemo.

Namun karena kesibukan mengerjakan komik pesanan Metha, gagasan tersebut saya pendam dulu. Padahal saya ingin mempersembahkannya untuk sang kreator Nemo di hari ulang tahunnya, 25 Desember 2016. Saya berharap bisa segera mengerjakan untuk ulang tahun Hasmi berikutnya.

Kabar duka perihal meninggalnya Hasmi pada 6 November 2016 membuat saya tersentak. Dan menyesal. Saya tak menyangka beliau begitu cepat pergi meninggalkan keluarga dan para penggemarnya. Kepergian Hasmi kemudian memantapkan tekad saya untuk tidak menunda pengerjaan Akhir Pencarian Nemo sebagai tribut untuk beliau, sekaligus untuk para superhero Indonesia era 70-80an dan kreatornya.

Langkah awal yang saya lakukan adalah membayangkan konsep cerita dan menyusun daftar superhero yang akan saya tampilkan. Berdasarkan memori yang ada di benak saya, inilah daftar tersebut:

Kreasi Hasmi:
  1. Nemo
  2. Gundala
  3. Maza
  4. Merpati
  5. Sembrani
  6. Jin Kartubi
  7. Pangeran Mlaar
  8. Kalong
  9. Tyrhapi
  10. Ghazul
  11. Pengkor
  12. Wahkiatestu

Kreasi Wid NS:
  1. Godam
  2. Aquanus
  3. Kapten Dahana

Kreasi Kus Bram:
  1. Labah-labah Merah
  2. Labah-labah Mirah
  3. Macan Kumbang
  4. Dewi Bulan

Kreasi Jan Mintaraga:
  1. Kapten Herman
  2. Kapten Halilintar
  3. Virgo

Kreasi RA Kosasih:
  1. Sri Asih
  2. Sri Dewi

Kreasi Nono GM:
  1. Tira
  2. Tora
  3. Boga

Kreasi Joni Andrean:
  1. Lamaut
  2. Walet Merah

Kreasi Banuarli Ambardi:
  1. Herbintang
  2. Untara

Kreasi Nurmi Ambardi:
  1. Bantala

Kreasi Mar:
  1. Kapten Mar

Kreasi Adams:
  1. Kapten Bayangan

Kreasi John Lo:
  1. Garuda Putih
  2. Dewi Bintang

Kreasi Ricky NS:
  1. Rado
  2. Cobra

Kreasi Cancer:
  1. Kawa Hijau

Kreasi Gerdi WK:
  1. Santini


Niat saya mempublikasikan Akhir Pencarian Nemo di fan page Jink Comics saya. Setelah jadi beberapa halaman, saya kemudian mengontak Bp. Andi Wijaya selaku perwakilan dari PT BumiLangit (BL), karena karakter terbanyak yang saya pakai ada di bawah naungan manajemennya. Dari beberapa kali pembicaraan via Whatsapp, akhirnya saya mendapat ijin untuk mempublikasikannya. Sayangnya, BL mensyaratkan, bahwa yang boleh muncul hanya karakter-karakter mereka. Alasannya, jika kelak karya saya dicetak oleh BL, maka tidak akan mendapat kesulitan untuk meminta ijin dari pemilik hak cipta atau kreator karakter lain yang tidak berada di bawah manajemen BL.

Kecewa? Pasti, karena niat saya untuk mengenalkan dan mengenang kembali karakter superhero sebanyak mungkin tidak kesampaian. Tapi komik sudah terlanjur saya buat. Tak ada yang lain yang bisa saya lakukan selain berkompromi dengan situasi tersebut. Saya harus menghormati BL selaku pemegang hak cipta karakter-karakter yang saya pakai. Saya pun harus memfilter daftar superhero dan melakukan revisi atas halaman-halaman yang terlanjur jadi yang menampilkan karakter di luar manajemen BL.

Dari hasil filtering daftar, berikut adalah nama-nama superhero yang muncul di Akhir Pencarian Nemo:

Kreasi Hasmi:
  1. Nemo
  2. Gundala
  3. Maza
  4. Merpati
  5. Sembrani
  6. Jin Kartubi
  7. Pangeran Mlaar
  8. Kalong
  9. Tyrhapi
  10. Ghazul
  11. Pengkor
  12. Wahkiatestu

Kreasi Wid NS:
  1. Godam
  2. Aquanus
  3. Kapten Dahana

Kreasi Kus Bram:
  1. Labah-labah Merah
  2. Labah-labah Mirah
  3. Macan Kumbang
  4. Dewi Bulan

Kreasi Jan Mintaraga:
  1. Kapten Herman
  2. Kapten Halilintar
  3. Virgo

Kreasi RA Kosasih:
  1. Sri Asih
  2. Sri Dewi

Kreasi Nono GM:
  1. Tira
  2. Tora
  3. Boga

Kreasi Banuarli Ambardi:
  1. Herbintang
  2. Untara


Begitulah. Setelah cukup membuat persediaan halaman Akhir Pencarian Nemo, maka pada Senin 26 Februari 2017 saya mulai mempublikasikannya di facebook (kunjungi). Komik ini saya tayangkan setiap hari Senin masing-masing 2 halaman sekali tayang.

Terima kasih kepada PT BumiLangit u/p. Bp. Andi Wijaya yang telah memberikan ijin menggunakan karakter-karakter superheronya untuk komik tribut saya ini.  (Jink/Agustus 2017)

--------------------------------

Anda ingin baca komik Akhir Pencarian Nemo? Silakan klik di sini.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jink Comics - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger